Header Ads

Jurnalis Probolinggo Gelar Upacara Peringati HPN 2020, Kapolres Didapuk Jadi Inspektur Upacara


Tak biasanya Hari Pers Nasional diperingati dengan menggelar upacara bendera. Namun, di peringatan HPN Tahun 2020 kali ini, puluhan jurnalis media televisi, cetak, online bahkan radio memperingati Harinya jurnalis dengan melaksanakan upacara bendera (10/02/2020). Uniknya, seluruh perangkat upacara diisi oleh wartawan dari berbagai media. Bahkan lokasinya dipilih di museum Probolinggo guna menanamkan sikap kebangsaan di setiap insan pers.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H M.H didapuk menjadi Inspektur Upacara. Selain itu, turut hadir Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin dan Wakil Walikota M Saufis Sobri, Dandin 0820 Probolinggo Kolonel Inf Imam Wibowo, Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, Perwakilan Kejaksaan, Ketua MUI serta PJU dan Kapolsek.

“Yang saya banggakan teman-teman Aliansi Jurnalis Probolinggo, hari ini teman-teman wartawan membuat saya bangga karena setahu saya baru kali ini puluhan insan pers dari berbagai media bergabung menjadi satu menyelenggarakan upacara dalam rangka Hari Pers Nasional. Bahkan, pengisi perangkat upacara dari wartawan semua. Ini patut diapresiasi”, puji AKBP Ambar.

Pers yang bertanggung jawab adalah benteng terbaik bagi masyarakat untuk menampik berita hoaks. Di era lompatan kemajuan teknologi dan di era melimpahnya informasi dan mis-informasi, peran pers makin diperlukan sebagai penyampai kebenaran, penegak fakta, penyampai aspirasi masyarakat serta pemersatu bangsa.

“Oleh karena itu, dalam momen perayaan hari pers nasional ini, kami mengajak insan pers, untuk bersama-sama bersinergi dalam upaya menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota ini agar tetap aman dan kondusif serta mendukung iklim investasi dan ekonomi kreatif demi kemajuan bangsa”, pesan mantan Kasubdit Indagsi Polda Jatim ini.

Ketua Panitia  HPN ke-74 Probolinggo, Richard D' Mashre, menyebut upacara bendera sebagai salah satu rangkaian dari peringatan HPN tahun 2020.  Richard D’Mashre juga mengatakan Upacara bendera menjadi pilihan perayaan HPN ke-74 tahun 2020, sebagai penguat nasionalisme Jurnalis Probolinggo dalam pembangunan bangsa dan negara, guna menangkal paham anti Pancasila.

"Masih ada tanam pohon yang bakal dilakukan temen-temen jurnalis nantinya. Kalau upacara bendera ini menjadi kesepakatan wajib kami," ujarnya.

Kegiatan peringatan Hari Pers Nasional tahun 2020 ditutup dengan kegiatan tasyakuran dan potong tumpeng di Basecamp wartawan Kota Probolinggo.

No comments