Header Ads

Kapolresta Probolinggo Dinobatkan Sebagai Warga Kehormatan Suku Tengger


Perayaan Hari Raya Yadnya Kasada suku Tengger, dimulai dengan pengukuhan warga kehormatan suku Tengger. Terdapat delapan orang tokoh dan pejabat yang dikukuhkan oleh Romo Dukun Pandhita atau dukun yang dituakan. Rabu (17/07/19) Malam. Kapolres Kota Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum salah satu dari delapan tokoh yang dinobatkan sebagai Warga Kehormatan Sesepuh Suku Tengger pada malam Resepsi Yadnya Kasada 2019 tersebut.

Kegiatan seremonial yang dilakukan di Pendopo Agung desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo tersebut dibuka dengan Tarian Pembuka "Bedayan Wegaran Wedi".Dalam prosesi pengukuhan, para tokoh duduk berjajar di belakang Ketua Para Dukun Pandita, Sutomo. Mereka mendengar dengan khidmat Dukun Pandita Sutomo membacakan mantra pengukuhan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para masyarakat suku Tengger, yang telah memberikan kepercayaan dan mengukuhkan kami sebagai Warga Kehormatan Suku Tengger. Semoga jalinan silahturahmi dan sinergitas yang telah terjalin seperti selama ini terus semakin kuat dan solid." ujar Kapolresta Probolinggo

Kapolresta juga berharap kedepan Bromo menjadi semakin maju, masih banyak potensi wisata yang masih bisa digali di kawasan Gunung Bromo. Mengingat saat ini Gunung Bromo adalah destinasi wisata kedua di Indonesia setelah pulau Bali oleh wisatawan baik dalam maupun manca negara.

Sementara tokoh Warga Suku Tengger Supoyo mengatakan pengukuhan para tokoh bertujuan melestarikan budaya dan tradisi Suku Tengger. Mereka yang dikukuhkan diharapkan ikut serta berperan aktif dalam memajukan budaya Suku Tengger sesuai bidangnya masing-masing.

"Pengukuhan merupakan bentuk penghormatan warga Suku Tengger kepada pejabat baru. Harapannya para pejabat yang dikukuhkan, dapat memberikan kesejahteraan, bagi warga Suku Tengger." terangnya.

Setelah kegiatan Respsi di pendopo Agung, Rangkaian perayaan Yadnya Kasada 2019, dilanjutkan dengan kegiatan inti acara Ritual Yadnya Kasada di Pura Luhur Poten Bromo, serta labuh sesaji di kawah Gunung Bromo, pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2019, jam 03.00 Wib. 

Selain Kapolresta Probolinggo, yang dikukuhkan sebagai warga kehormatan suku Tengger juga terdapat Kapolres Probolinggo, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo, Sekda Prov Jawa Timur Ir Heru Tjahyono, Ketua Dekapro H Zulmi Noor Hasani, Kepala Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustiro dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto.



No comments